Cara Install Ulang Windows 7 Dengan Hiren 15 MiniXP


 Andrian21 - Berawal dari kesulitan repair notebook dengan Hiren 15 yang harus lewat FD (karena tidak punya cd external), sehingga memakai FD berkapasitas 4GB, *terima kasih untuk mr. C . Namun penggunaan bergantian dari Hirenboot, kemudian W7 boot, kemudian Hirenboot lagi untuk tweaking atau lainnya (tool Hiren), hhmmm… capek juga dan butuh waktu yang lama.
Kemudian terinspirasi menggali jeroan Hiren 15, ditemukan artefak/catatan cara inul Vista/2008/7/2008R2 melalui MiniXP. Alat yang dibutuhkan (minimalisasi):
  1. FD 4GB apapun jenisnya.
  2. USBFormat (aplikasi silahkan gooling …)
  3. grub4dos (aplikasi silahkan googling …)
  4. Hiren 15 (recommended, silahkan googling …)
  5. File wim (install.wim, silahkan donlot di situs resmi) lebih bagus meski percobaan 30 hari
  6. Jamu atau obat kuat (silahkan googling …). Activator atau Remove WAT telah disediakan didalam tool Hiren.
Langkah-langkah, ada beberapa kemungkinan, misalnya :
  1. Inul fresh notebook baru beli dan atau sengaja bersih-bersih partisi atau tataulang partisi sesuai selera.
  2. Inul fresh dengan penyelamatan data pada drive/partsisi lain.
Kita ambil contoh point 1, netbook toshiba nb 205) :
  1. Setelah peralatan diatas sudah tersedia, berdoa semoga selamat sampai tujuan. Pembuatan FD Hirenboot melalui pc/lapie yang betul-betul sehat wal afiat.
  2. Ikuti perintah/langkah-langkah pembuatan FD Hirenboot 15 hingga sukses.
  3. Copy file wim (install.wim) dan jamu atau obat kuat ke dalam FD Hiren 15 yang telah kita buat, ditaruh dimanapun ora opo opo. Jamu disini menjaga kemungkinan jika dibutuhkan ketika inul selesai.
Setelah proses diatas sudah sukses, pengerjaan notebook kita mulai :
  1. Boot FD Hiren 15, masuk ke MiniXP, Program Launcher/HBCDMenu, Programs, silahkan pilih sesuai selera (Acronis, Partition Magic, dll) untuk pembagian partisi, jangan lupa bikin partisi sebesar 100 MB untuk System Reserve, sisanya untuk OS (C:\ dan yang lainnya).
  2. Setelah proses selesai, bikin 3 filename ($Recycle.Bin, RECYCLER, System Volume Information) di  masing-masing partisi selain C:\, untuk mengelabui virus nantinya ; *optional). Cara bikin dengan new txt tanpa extensi. Biar rapi, Hidden 3 file tersebut.
  3. Setelah bikin partisi, copy file wim (install.wim) dan jamu atau obat kuatnya kedalam partisi manapun yang telah kita buat (HD).
  4. Masih di MiniXP, masuk lagi ke Program Launcher/HBCDMenu, Programs, Other, NT 6.x  Fast Installer (Install vista/7 from MiniXP).
  5. Ikuti dan pahami perintah/dialog box dengan seksama. Nanti akan diarahkan ke pembuatan System Reserve kedalam partisi yang sudah kita buat (100MB) dan inul OS yang akan menjadi C:\. Teliti besaran/urutan partisi yang akan djadikan C:\, (baca secara detail, ada kejutan dalam proses ini ; inul cuma 5 menitan +reboot+reboot = total 10 menitan, tergantung spek lapie nya). Proses ini, tidak perlu nungguin F8 untuk memilih boot device setiap reboot (optional,tergantung netbook nya), selamat bekerja
Ranking: 5
 
© Andrian21 All Rights Reserved